KOMPAS.com — Ketika Anda membeli mobil dan mengendarai
mobil, apakah Anda pernah mengetahui asal-usul merek mobil tersebut?
Informasi tentang sejarah mobil, termasuk kisah kehadirannya di
Indonesia, dapat Anda baca di buku bertajuk Sejarah Mobil, Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini.
Buku yang ditulis James Luhulima dan diterbitkan oleh Penerbit Buku
Kompas (PBK) ini memuat sejarah mobil di Indonesia dan di dunia.
Buku yang diberi pengantar oleh Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan ini membuat enam bab (Benz
Patent Motorwagen, Mesin Pembakaran Luar, Sejarah Mobil di Indonesia,
Munculnya Tokoh Otomotif Indonesia, Masuknya Mobil-mobil Jepang, dan Kelahiran Jip sebagai Kendaraan Militer).
Buku ini dilengkapi dengan Kamus Istilah Otomotif, dengan ilustrasi
foto dan grafis. Singkatnya, buku ini sangat informatif dan enak dibaca
karena ditulis dengan ringan.
Tahukah Anda bahwa kendaraan
bermotor pertama hadir di Indonesia (Hindia Belanda) tahun 1893? Orang
pertama yang memiliki kendaraan bermotor di Indonesia adalah orang
Inggris, John C Potter, yang bekerja sebagai Masinis Pertama di Pabrik
Gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur. Potter memesan langsung sepeda
motornya ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmuller, di Muenchen, Jerman.
Potter pun satu-satunya orang yang menggunakan kendaraan bermotor di
Indonesia pada saat itu. (halaman 58-59, Bab III Sejarah Mobil di Indonesia).
Buku
ini dilengkapi dengan foto-foto bersejarah, foto hitam putih tentang
kehadiran kendaraan bermotor di Indonesia. Misalnya, ada foto sebuah
mobil menyeberangi Bengawan Solo dengan rakit. Juga foto Peugeot yang
berseliweran di Indonesia tahun 1898-1899. Pada masa kolonial, sudah ada
pula klub-klub mobil yang sering mengadakan perjalanan wisata
bersama-sama.
Industri otomotif Indonesia dimulai tahun 1920
ketika General Motors (GM) mendirikan pabrik perakitan Chevrolet di
Tanjoeng Priok (halaman 89), lalu pada tahun 1955, Pemerintah Indonesia
mendatangkan mobil dari luar negeri untuk mendukung pelaksanaan
Konferensi Asia-Afrika di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, 18-24
April. Mobil-mobil itu adalah Plymouth Belvedere, Opel Kapitan, dan Opel
Kadett (halaman 92).
Kapan mobil-mobil Jepang masuk ke
Indonesia? James Luhulima mengulas soal ini di Bab V. Jip Toyota kanvas
merupakan mobil pertama Jepang yang masuk ke Indonesia. Tahun 1961, 100
unit Toyota Land Cruiser beratap kanvas (terpal), yang di Indonesia
populer dengan sebutan jip Toyota kanvas, dibeli oleh Departemen
Transmigrasi, Koperasi, dan Pembangunan Masyarakat Desa (halaman 98).
Kapan
Toyota Kijang lahir dan kemudian mendominasi otomotif Indonesia? Toyota
Kijang bak terbuka dipamerkan di paviliun Toyota di arena Jakarta Fair
pada tahun 1975 (halaman 118), dan Toyota Kijang generasi pertama
diluncurkan tahun 1977, bertahan hingga empat tahun. Pada tahun 1981,
lahir pula Toyota Kijang generasi kedua, dan pada tahun 1986 lahir
Toyota Kijang generasi ketiga, sedangkan Toyota Kijang generasi keempat
muncul tahun 1996.
Pada HUT ke-25 Toyota Kijang tahun 2002, PT Toyota Astra Motor meluncurkan Toyota Kijang, facelift generasi keempat. Ini merupakan Toyota Kijang terakhir. Pada tahun 2004, Toyota Kijang digantikan oleh Toyota Kijang Innova.
Buku
ini layak dibaca oleh penggemar otomotif Indonesia dan siapa saja yang
berkecimpung dalam dunia otomotif. Buku ini ditulis oleh James Luhulima,
yang mengasuh rubrik otomotif di harian Kompas sejak tahun 1999. James Luhulima saat ini adalah Redaktur Pelaksana Harian Kompas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar